BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau "Istana Kota Piring"
Gedung Sultan Mahmud Riayat Syah (Gedung C1 Lantai 2 dan Lantai 3) Pulau Dompak
Tanjungpinang, Kepulauan Riau 29124

E-mail : bkpp.kepriprov@gmail.com

Top Panel
  • Ditayangkan: Rabu, 09 Mei 2018 09:13
  • Ditulis oleh NS/ red
  • Dilihat: 156

POLISI PAMONG PRAJA (PP) DAN PENGAWAS PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN (P2UPD) SE-KEPRI IKUTI UJI KOMPETENSI

Sejumlah Calon Fungsional Polisi Pamong Praja dan P2UPD se-Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (2/5) mengikuti pembekalan dalam rangka persiapan Uji Kompetensi Penyesuaian/Inpasssing di Aula Wan Seri Beni, Dompak. Uji kompetensinya sendiri dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, 3-4 Mei 2018 hasil kerjasama BKPSDM Provinsi Kepri dan Kemendagri dengan menggunakan anggaran dalam bentuk dana dekonsentrasi. Tercatat 157 orang Pol PP yang terdiri dari 36 Pol PP tingkat ahli dan 121 Pol PP tingkat terampil mengikuti acara ini. Jumlah tersebut merupakan usulan dari BKPSDM Provinsi, kabupaten, dan kota setelah melewati proses verifikasi dokumen dan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Peserta yang ikut dari Batam, Tanjungpinang, Bintan, Natuna, Lingga, dan dari Provinsi Kepri. Karimun sudah melaksanakan ujikom sendiri sementara Anambas tidak mengirimkan calon Pol PP untuk inpassing,” ujar Ria Fitria, Kasubid Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan. Pada pelaksanaannya, proses Uji Kompetensi dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama, seluruh Pol PP harus menyelesaikan sejumlah soal secara tertulis. Baru kemudian dilaksanakan tes wawancara yang akan menguji kemampuan tiap Pol PP dalam memahami sejumlah tupoksi. Seperti melakukan koordinasi penegakan perda, melakukan tindakan non yustisi, melakukan patroli, melakukan pengendalian massa, dan melakukan mobilisasi perlindungan masyarakat. Selain itu, Pol PP juga wajib melewati tahapan tersebut dengan validasi portofolio.

Dari hasil keseluruhan test, Pol PP yang ikut uji kompetensi kali ini dinyatakan lulus 100% dengan nilai yang cukup variatif. Begitu pula dengan P2UPD yang berjumlah 24 orang. Lulus 100%. Nilai tertinggi Pol PP adalah 88.67 yang didapatkan Adetya Aprilianto, Pol PP Kota Tanjungpinang. Sementara untuk nilai tertinggi fungsional P2UPD berhasil diraih Reza E Nasuiton, P2UPD ahli madya dari Kabupaten Natuna. Meski berhasil lulus 100%, ada catatan tersendiri dari assessor mengenai hal ini. “Pada dasarnya kemampuan Pol PP sudah cukup baik dan kompeten. Hanya saja perlu dilakukan evaluasi terhadap aspek perlindungan masyarakatnya. Ke depannya, kita harus mencari cara supaya aspek perlindungan masyarakat ikut menonjol,” ujar Dr. Togar Sibarani, M.Pd., assessor dari BPSDM Kemendagri. Acara uji kompetensi ditutup pada Jumat (4/5), setelah proses siding para assessor dan pengumuman kelulusan uji kompetensi, baik bagi Pol PP aupun P2UPD.