BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau "Istana Kota Piring"
Gedung Sultan Mahmud Riayat Syah (Gedung C1 Lantai 2 dan Lantai 3) Pulau Dompak
Tanjungpinang, Kepulauan Riau 29124

E-mail : bkpp.kepriprov@gmail.com

Top Panel
  • Ditayangkan: Senin, 14 Mei 2018 11:21
  • Ditulis oleh NS/ red
  • Dilihat: 280

PEMPROV MALUKU SAMBANGI KEPRI LAKUKAN STUDI KOMPARASI

Sama-sama provinsi kepulauan dan sama-sama wilayah lautnya lebih besar di banding daratan, menjadi salah satu alasan bagi Pemerintah Provinsi Maluku menyambangi Provinsi Kepri, Senin (7/5). Bertempat di aula Wan Seri Beni, rombongan yang terdiri dari 90 orang peserta studi komparasi yang dinahkodai Kepala BKD Provinsi Maluku, Drs. Femy Sahetapy dan Kepala Biro Humas, Drs. Muhammad Junaries, M.Si, tiba di tempat acara dan mengikuti pembukaan studi komparasi. Dalam sambutannya, Kepala BKD mengaku bahwa ia merasa sangat tersanjung dengan penerimaan dari Provinsi Kepri. Selain akan belajar bagaimana sistem pengelolaan kepegawaian di Provinsi Kepri, rombongan pun nantinya akan dipecah menjadi beberapa kelompok, dan menyambangi beberapa OPD terkait, semisal Dinas Pendidikan, Dinas Kelautan dan Perikanan,  Dinas Kominfo, juga beberapa dinas teknis lainnya yang sudah dibagi sesuai dengan fokus pembelajaran.

Dalam kunjungan ini, dia berharap dapat menemukan sistem pelayanan publik yang mampu mengakomodir pelayanan terhadap masyarakat secara lebih luas. Dengan luas wilayah laut yang hampir mencapai 97 %, Provinsi Maluku akan mencoba menerapkan layanan publik yang inovatif dan bersifat online, sama halnya seperti yang dilakukan di Provinsi Kepri. Pemprov Maluku pun berharap inovasi Kepri dalam pelayanan publik dapat dibagi agar dapat diaplikasikan di Maluku. Selain itu, ia menyoroti juga persedian ASN dalam upaya untuk mewujudkan pelayanan kepegawaian yang tersistem baik. Lebih lanjut, ia berharap juga Pemprov Kepri dapat membagikan upaya-upaya yang sudah dilakukan Provinsi Kepri dalam meningatkan kesejahteraan pegawai.

Drs. Firdaus, M.Si, Kepala BKPSDM Provinsi Kepri mengaku sangat senang dan dengan tangan terbuka menerima kunjungan studi komparasi ini. Sekilas pandang tentang sejarah Provinsi Kepri yang baru berdiri 14 tahun ini pun, menjadi salah satu pembuka menarik bagi para peserta yang umumnya eselon III dari setiap instansi di Pemprov Maluku. Berbagai layanan kepegawaian mutakhir  seperti SILAT dan  e-disiplin pun menjadi salah satu bahan penjelasan yang disampaikan, yang sesuai dan mendukung e-government Provinsi Kepri. Usai pembukaan, tim pun dibagi-bagi sesuai dengan lokus pembelajaran. Di BKPSDM sendiri, sejumlah pejabat dari BKD dan Disnaker Pemprov Maluku melakukan diskusi secara mendalam untuk mengetahui apa dan bagaimana pengelolaan sistem kepegawaian yang selama ini berjalan di Pemprov Kepri. Hasil diskusi dan pembelajaran ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi Pemprov Maluku dalam mewujudkan birokrasi pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik lagi. (NS)