BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau "Istana Kota Piring"
Gedung Sultan Mahmud Riayat Syah (Gedung C1 Lantai 2 dan Lantai 3) Pulau Dompak
Tanjungpinang, Kepulauan Riau 29124

E-mail : bkpp.kepriprov@gmail.com

Top Panel
  • Ditayangkan: Senin, 14 Mei 2018 11:53
  • Ditulis oleh NS
  • Dilihat: 16

BKPSDM JUARA KETIGA LOMBA TERTIB ARSIP DAN PENGELOLA ARSIP

Kabar gembira tiba bagi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepri. Usai penilaian terpadu yang dilakukan oleh tim penilai dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada 11 April 2018 silam, BKPSDM akhirnya didapuk sebagai juara III OPD Tertib Arsip, mendampingi BPKAD, Dinas Kebudayaan, dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Sabtu (5/5). Pengumuman pemenang lomba dilakukan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Kepri. Yang lebih membanggakannya lagi, pengelolanya pun juga mendapat anugerah pengelola arsip terbaik ketiga se-Provinsi Kepri, atas nama Vika Tri Maysiska. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas pembinaan kearsipan dan pengelolaan kearsipan pada Perangkat Daerah Provinsi Kepri. Untuk meningkatkan pembinaan dan motivasi dalam penataan kearsipan, maka Lomba Tertib Arsip dan pengelola  arsip terbaik pun digelar selama April 2018.

Teknisnya, lomba dijadwalkan mulai tanggal 9 sampai dengan 16 April 2018.  Tim penilai yang tebagi atas dua tim melakian penilaian ke setiap OPD sesuai jadwal yang sudah diedarkan. BKPSDM sendiri dijadwalkan tanggal 11 April 2018 dengan tim penilai yang terdiri dari Drs. Amir Husin, MM., Ira Wilda, SE., dan Fatimah Wahyu Astui, A.Md. Selain menilai arsip yang ada di tiap instansi, tiap perangkat daerah dan pengelolanya wajib juga mengisi kuesioner lomba. Kuesionar tersebut terdiri dari berbagai formulir yang menggambarkan bentuk pengarsipan di setiap perangkat daerah, mulai dari formulir penciptaan arsip, pemberkasan dan penataan arsip aktif, pengolahan arsip in aktif, program arsip vital, layanan dan akses arsip dinamis, penyusutan arsip, arsiparis, pengelola arsip, pengolahan dan pelaporan arsip terjaga, dan prasarana dan sarana kearsipan.

Vika yang mendapat juara III pengelola arsip terbaik se-Provinsi Kepri mengaku terkejut dengan adanya anugerah itu. “Cukup surprise dan tak menyangka sebenarnya. Setiap proses penilaian saya jalani dengan seksama. Memperlihatkan arsip-arsip yang sudah ditata, juga mengisi kuesionar sesuai keadaan yang sebenarnya. Alhamdulillah, hasilnya memuaskan,” ujarnya usai mendapat penghargaan Pengelola Arsip terbaik itu. Ia sendiri tak bisa menghadiri langsung pelaksanaan pengumuman pemenang lomba. Tapi, ia berharap pengeloaan arsip di BKPSDM akan semakin baik. “Semoga  tahun depan menjadi nomor satu, “ harapnya. (NS)