BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau "Istana Kota Piring"
Gedung Sultan Mahmud Riayat Syah (Gedung C1 Lantai 2 dan Lantai 3) Pulau Dompak
Tanjungpinang, Kepulauan Riau 29124

E-mail : bkpp.kepriprov@gmail.com

Top Panel
  • Ditayangkan: Rabu, 16 Mei 2018 14:33
  • Ditulis oleh NS/ red
  • Dilihat: 176

BKPSDM DUKUNG SIPENCATAR 2018

Seleksi sekolah kedinasan di berbagai instansi vertikal kini mulai memasuki babak baru. Salah satunya seperti yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan dalam rangka mencari calon taruna-taruni di berbagai sekolah kedinasan yang berhubungan dengan transportasi, baik transportasi darat, laut, maupun udara. Bekerja sama dengan BKPSDM Provinsi Kepri dan Badan Kepegawaian Negara, Kemenhub menyelenggarakan Tes Kompetensi Dasar (TKD), pada Selasa (15/5) di ruang CAT BKPSDM, Gedung C1 lantai 2.

TKD ini merupakan salah satu jenis seleksi dari sekian tahapan yang harus dilewati peserta sebelum nantinya resmi dinyatakan diterima di sekolah kedinasan. Berbagai persiapan harus mereka lakukan untuk lolos nilai standar minimal TKD, yang pada tahun ini berubah sesuai Permenpan RB Nomor 22 Tahun 2018. Standar nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ditentukan minimal 75, Tes Intelegensi Umum (TIU) minimal 80, dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP) minimal 143 yang awalnya ditentukan TWK minimal 70, TIU minimal 75, dan TKP minimal 126. Kementerian Perhubungan sendiri menyediakan 2.676 formasi yang dapat diisi para calon taruna dan taruni. Jumlah tersebut terdiri dari 1.988 formasi program pola studi pembibitan Kemnhub dan 688 program pola studi pembibitan pemda.

Sejumlah sekolah kedinasan siap untuk diisi sesuai dengan jumlah formasi yang tersedia. Sebut saja Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Politeknis Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, dan Akademi Perkeretapaian Indonesia (API) Madiun untuk kategori Pendidikan Transportasi Darat, Juga ada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, dan Polteknik Pelayaran Surabaya untuk kategori Pendidikan Transportasi Laut. Sementara untuk Pendidikan Transportasi Udara tersedia Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Politeknik Penerbangan Surabaya, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (AKTP) Makassar, dan  Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (AKTP) Medan. Dibuka sejak setengah 7 pagi, peserta test harus melewati pengecekan berkas di meja panitia. Setelahnya, peserta mendapatkan PIN yang dapat dipakai untuk login saat akan melakukan test di ruang CAT. Dimas, salah seorang peserta mengaku soal-soalnya cukup sulit. “Ya, lumayan. Tapi alhamdulilah lulus (passing grade),” ucapnya setelah selesai mengikuti test. Berdasar hasil pengumuman setelah selesainya acara seleksi, diketahui 11 peserta berhasil lolos memenuhi standar kelulusan. Sementara sisanya dari total 49 peserta, dinyatakan tidak memenuhi standar penilaian. (NS )