BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau "Istana Kota Piring"
Gedung Sultan Mahmud Riayat Syah (Gedung C1 Lantai 2 dan Lantai 3) Pulau Dompak
Tanjungpinang, Kepulauan Riau 29124

E-mail : bkpp.kepriprov@gmail.com

Top Panel
  • Ditayangkan: Rabu, 23 Mei 2018 08:20
  • Ditulis oleh NS/ red
  • Dilihat: 435

HANYA 105 CALON PRAJA YANG AKAN LOLOS DARI SELEKSI TKD IPDN

Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN 2018 kini telah memasuki Seleksi Kompetensi Dasar. 480 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi elektronik dan telah melakukan verifikasi administrasi PNBP, kini berhak mengikuti seleksi TKD yang dilaksanakan di Ruang CAT BKPSDM, Selasa-Kamis (22-24/5). Melalui website spcp.ipdn.ac.id, para peserta sudah dapat mengetahui kapan dia harus mengikuti TKD. Nama-nama peserta sudah diurutkan untuk setiap sesi yang akan berlangsung selama 1.5 jam. Setiap harinya, panitia menjadwalkan 4 sesi yang dimulai dari pukul 08.00 pagi.

Kepala BKPSDM, Drs. Firdaus, M.Si meninjau pelaksanaan TKD ini di hari pertama dilaksanakannya seleksi. Ia mengungkapkan harapannya agar seleksi ini diikuti peserta dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, sebagai tempat penyelenggara seleksi, BKPSDM pun sudah menyiapkan sejumlah sarana prasarana, termasuk 50 unit komputer yang dapat peserta gunakan untuk mengikuti TKD. Dari 480 peserta, hanya akan diambil 3 kali formasi untuk tahapan tes berikutnya. Karena tahun ini Kepri mendapatkan jatah 35 formasi, itu berarti hanya 105 peserta yang dapat mengikuti tes kesehatan setelah dinyatakan memenuhi passing grade yang ditetapkan dalam TKD. Itu pun dengan jumlah nilai yang sudah diurutkan kembali dari nilai tertinggi.

Sejak pagi, para peserta sudah berdatangan ke Gedung C1, tempat dilaksanakannya seleksi TKD. Para peserta yang tersebar dari seluruh kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Kepri harus berjuang menjawab soal-soal yang sudah dipersiapkan dalam sistem CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN). Usai melakukan registrasi, mereka diarahkan menuju meja verifikasi berkas, untuk mendapatkan PIN yang akan digunakan sebagai kode soal dalam TKD. Sebelum masuk ke ruangan TKD, para peserta diminta duduk di ruang tunggu dan menyimak penjelasan tentang CAT dan langkah demi langkah yang harus mereka jalani selama nanti mengikuti test. Peserta pun dibekali infromasi bahwa mulai tahun ini passing grade mengalami kenaikan. Hal ini dituangkan dalam Permenpan RB Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi Taruna-Taruni Sekolah Kedinasan pada Kementerian/ Lembaga Tahun 2018. Jika sebelumnya Standar nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ditentukan minimal 70, sekarang berubah menjadi 75. Demikian pula dengan Tes Intelegensi Umum (TIU) yang minimal nilainya harus 80 sementara sebelumnya hanya 75, dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP) yang nilai minimalnya mesti 143 untuk bisa lulus sementara awalnya hanya 126. Sejauh ini, nilai paling tinggi yang didapatkan peserta adalah 410. Nilai tersebut bisa jadi akan terlampui lagi mengingat masih ada beberapa sesi yang akan masih terus berjalan. Sementara itu, jadwal resmi pengumuman hasil TKD akan dilakukan melalui website IPDN pada 26 Juni 2018 dan tes Kesehatan Daerah direncanakan akan dilaksanakan pada 3-7 Juli 2018.(NS/red)