BKPSDM - Kepri
Latest News

PROGRESS SILAT KEPRI BARU CAPAI 66.59%

  • 17 September 2018
  • Admin Utama
  • 1118

Pasca diluncurkan awal tahun 2018, mengisi data pada Sistem Informasi Layanan Aparatur Terpadu (SILAT) menjadi kewajiban bagi PNS di lingkungan Pemprov Kepri. Sistem yang digagas BKPSDM ini menjadi sistem database kepegawaian yang nantinya digunakan dalam pelayanan kepegawaian secara terpadu. Misalnya pada pelayanan naik pangkat, pelayanan pensiun, ataupun layanan mutasi.

Hingga pertengahan September, progres penginputan data PNS Pemprov Kepri pada aplikasi SILAT baru mencapai 66.59%. Angka tersebut sudah sedikit lebih naik dibandingkan pada bulan Agustus lalu yang baru mencapai 62.3%. Sementara pada Februari 2018, data SILAT se-Provinsi Kepri baru berada di angka 29,83%.

BKPSDM mengaku sudah melakukan berbagai upaya agar progress pengisian SILAT semakin naik. Mulai dari membuat surat edaran, meluncurkan surat perintah dari Sekda, memberikan pengumuman saat apel pagi bahkan melakukan evaluasi dan penyusunan laporan untuk melihat perkembangan pengisian data pegawai per bulannya. 

Dari data terakhir yang dirilis BKPSDM, Kamis (13/9), BKPSDM menempati posisi progress tertinggi pengisian data dengan persentase 95,69%. Disusul Biro Organisasi dan Korpri di peringkat kedua dengan persentase 94.63%, Biro Pemerintahan dan Perbatasan dengan persentase 92.35%, dan Biro Administrasi Layanan Pengadaan dengan persentase 90.93%. Sementara sisa SKPD lain masih di bawah 90% bahkan masih ada yang baru mencapai  46,78%.

Menanggapi hal tersebut, Henry Sianipar, Kasubid Informasi Kepegawaian menyampaikan akan melakukan monitoring dan pemanggilan. “Secepatnya kita akan lakukan pemanggilan terhadap Kasubag Umum dan Kepegawaian dan operator Perangkat Daerah. Kita cek permasalahan yang terjadi sekaligus kita carikan solusinya,” ujarnya.

“Pengisian data pada SILAT ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena sudah masuk pada Rencana Aksi KPK pada tahun 2018 di Kepri,” terangnya lebih lanjut.

Untuk itu, ia berharap semua PNS di lingkungan Provinsi Kepri agar segera melakukan penginputan data pribadinya. Imbasnya bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tapi juga menyangkut progress persentase instansi dimana pegawai bekerja.  (red/NS)